The 25th Month

Hoaaaa….baru bisa menulis lagi niiiihhhh…. Wah, udah hari Kamis, cepet banget aja hari-hari ini berlalu yaahhh. Sudah sejak seminggu lalu pengen nulis tentang perkembangan Raja, tapi gak sempet-sempet, syukur hari ini udah bisa nulis lagi.

Tapi, sebelum mulai menuliskan perkembangan Raja, pengen didokumentasiin dulu ah beberapa kejadian penting yang terjadi akhir-akhir ini.

8 Maret, pernikahan kami berulang tahun yang ke 3. Puji Tuhan, meski usianya masih sangat muda, tapi kami sangat bersyukur untuk semua hal yang kami lalui bersama selama 3 tahun silam. Doanya untuk ke depan adalah semoga rumah tangga kami selalu diberkati oleh Tuhan Yesus untuk menjadi terang dan memberkati orang lain. Dan semoga juga di tahun ini, keluarga kami bisa ngumpul dan tidak terpisah lagi. Amin ๐Ÿ™‚ *harusnya soal wedding anniversary ini ditulis terpisah ya? ๐Ÿ˜€*

Di hari yang sama, 8 Maret, Raja sakit batuk pilek sampe demam menggigil dan saya pun memutuskan untuk ijin kerja. Sediiihhhh banget rasanya, apalagi si papa jauh dari kami, kangennya jadi berlipat-lipat deh. Kepengennya kalo lagi kayak gini kami bisa sama-sama menghadapinya. Tapi yah, sudahlah, puji Tuhan hari ini Raja sudah jauh lebih baik.

Masih di hari yang sama, 8 Maret, si oma datang ke Palembang, untuk memenuhi janjinya yang kemarin tidak bisa dipenuhi saat Raja berulang tahun yang kedua. Puji Tuhan, saya bisa kembali merasakan hari-hari bersama mama saya. Jadi berasa balik ke anak-anak lagi deh, hehehehe…

Ok deh, mari kita lanjut ke cerita soal perkembangan Raja.

Tanggal 3 kemarin, saya sepertinya mengalami disorientasi tanggal. Bukannya menulis mengenai perkembangan Raja memasuki usia 25 bulan ini, saya malah nulis tentang hal lain, meski tetep sih menyangkut Raja juga. Kemarin, waktu usianya 24 bulan saya juga belum sempat menuliskan perkembangan Raja, makanya sekarang mau dirapel ajah, hehehe…

Selain yang sudah saya tulis di sini dan di sini, perkembangan Raja sejauh ini yang bisa saya dokumentasikan adalah sebagai berikut.

Semakin lancar berbicara dan semakin ceriwis

Ceriwisnya ini bener-bener puoooollll!!! Apa-apa dikomentarin, apalagi kalo lagi jalan-jalan pake mobil, semua yang diliat mesti dikomentarin. Kalo lagi berhenti di lampu merah misalnya, trus ada mobil atau motor lain yang ikut berhenti di samping kami, Raja suka komentar gini, โ€œIh…ini oyang kenapa ni benti sini???? Motoll ni juga kenapa benti sini nihh????โ€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Di rumah, kalo liat orang lagi ngapa-ngapain, pasti nanya, โ€œlagi apa tuuuhhh?????โ€ ato kalo liat orang bawa sesuatu langsung nanya, โ€œeh, bawa apa tuuuuhhh???โ€. Pernah juga karena buru-buru mo turun dari mobil saya salah memasangkan sepatu sandalnya hingga jari kelingking dan manis di kaki kirinya keluar dari sepatu sandalnya, Raja dengan kening berkerut mengangkat kaki kirinya trus bilang, โ€œEh…ini gimana nihhhhhh?????โ€ ๐Ÿ˜€

Trus kalo liat sesuatu yang mirip dengan kepunyaannya atau kegiatan yang sering dilakukannya, pasti komentar, โ€œkayak Yaja!โ€. Misalnya seperti beberapa waktu lalu, pas jalan-jalan keliling komplek kami bertemu dengan kakak-kakak yang lagi menggambar pake crayon di taman dan begitu melihat mereka, Raja langsung berkomentar, โ€œKakak maen kayon…kayak Yajaโ€ ๐Ÿ˜€

Raja juga udah ngerti dengan penggunaan kata โ€˜kitaโ€™, โ€˜dan/samaโ€™, serta โ€˜jugaโ€™.

Cuma, yang jadi masalah, Raja masih suka kebolak-balik nih ngomongnya, contohnya kalo ngomong โ€œini diaโ€ dibilangnya โ€œidi niaโ€ atau โ€œdompetโ€ jadi โ€œdempotโ€ hehehehe

Sering juga huruf โ€˜Eโ€™ dalam kalimat diucapkannya hingga terdengar seperti huruf โ€œAโ€, contohnya โ€œjembatanโ€ jadi โ€œjambatanโ€. Padahal tiap Raja salah ngomong, selalu kami ajarkan, โ€œjem…jem…jem…jemmmm….batan!โ€ Nah, Raja juga ikut bilang, โ€œjem…jem…jem…jemmmm…jambatan!!!!โ€ trus setelah itu ia ketawa. Dasar…ketahuan ngerjain orangnya ๐Ÿ˜€

Semakin bisa mengingat dan menceritakan pengalamannya

Di usia ini, Raja semakin mampu mengingat hal-hal yang dialaminya dan bisa menceritakannya kembali meski hal itu sudah cukup lama terjadi. Contohnya, hingga sekarang Raja masih mengingat pengalamannya berenang di Lahat yang ini. Contoh lain, meski sudah berlalu sekitar 3 minggu, tapi Raja tetap ingat warna truk serta lokasi kejadian di mana truk tersebut hampir menyenggol mobil mamanya.

Semakin pintar menggambar

Raja semakin suka menggambar meski hasil gambarnya masih asal-asalan sesuai dengan imajinasinya, tapi sambil menggambar Raja suka menceritakan apa yang digambarnya, misalnya pas lagi menggambar tikus, โ€œini kepala…ini badan…ini ekoyyyyโ€..meski hasilnya seperti inilah gambar tikus yang dimaksud Raja:

 

Menggambar tikus ala Raja ๐Ÿ˜€

Raja juga suka menggambar topi

 

Menggambar topi versi Raja ๐Ÿ˜€

Buah apel

 

Setiap menggambar apel, batang apelnya gak pernah lupa digambar ๐Ÿ˜€

Bentuk hati

 

Raja udah makin pintar menggambar bentuk hati lhoooo...

Juga garis zig zag dan bergelombang,

 

Garis zig zag nya hampir bener yaaahhh??

Garis putus-putus dan titik-titik hujan *menggambarnya sambil bernyanyi, โ€œtik..tik..tik…bunyi hujan…โ€*

Yang terpisah2 itu gambar garis putus-putus, yang berkelompok itu gambar titik-titik hujan ๐Ÿ˜€

Raja memang sudah tau yang mana namanya garis zig zag, bergelombang, lurus, dan putus-putus. Belajarnya dari mana lagi kalau bukan dari dvd Brainy Baby, hehehehe..

Selain itu, Raja juga menyukai menjiplak bentuk telapak tangan dan kaki. Meski belum sempurna hasilnya, tapi kegiatan itu selalu sangat disukai Raja.

 

Raja suka menjiplak telapak tangan dan kaki

Untuk peralatan gambarnya, saya menyiapkan sketchbook yang tebal (sekarang sudah dua jumlahnya, yang satunya udah penuh terisi) juga berbagai jenis alat tulis (pensil warna, spidol, krayon). Semua spidol, krayon, dan pensil warna kami simpan dalam keranjang tersendiri supaya Raja gampang mengambil yang ia butuhkan.

Jika dilihat, sebenarnya Raja menggambar tidak sepenuhnya asal-asalan lagi. Ia sudah mulai menggambar dengan menuangkan bentuk objek yang ada di kepalanya dan somehow, penggambarannya sudah hampir mendekati bentuk aslinya. Anak pintar, terus dikembangin ya nak ๐Ÿ™‚

Daya imajinasi semakin berkembang

Raja sekarang semakin sering menggunakan imajinasinya ketika bermain. Contohnya, kotak-kotak Anion milik mamanya dijadikannya kereta api; sabun Dettol dijejerinnya buat dijadikan rel kereta api; botol-botol cat kuku dijadikannya mainan tembak-tembakan dan mainnya sambil berteriak โ€œdoll..dooolll..doooolll!!!!!โ€ ๐Ÿ˜€

 

Anion mama jadi kereta api ๐Ÿ˜€

 

Sabun Dettol jadi rel kereta api. Itu Raja sendiri yang nyusun lho ๐Ÿ™‚

Raja juga suka memainkan kereta dan mobil-mobilannya sambil ngomong sendiri, โ€œAwaasss….tabaakkk!!!โ€, โ€œTolong Pesi, Tomas….awass… Pesi jatuh….โ€ hehehehehe

Makin cepat menghapal nyanyian

Raja makin jago aja menghapal nyanyian, baik yang Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Pernah, satu kali pas saya pulang kantor, Raja menyambut dengan menyanyikan salah satu lagu rohani anak-anak dalam bahasa Inggris, โ€œBehold..behold…stand dool..nok..nok..nok…โ€ *behold..behold…i stand at the door and knock..knock…knock…*.. lucuuu…banget kedengerannya. Kalo lagu bahasa Indonesia sudah semakin banyak yang dihapalnya. Trus, yang bikin lucu lagi karena Raja suka menyanyi sambil membuat iringan musik dengan memukul-mukul kaleng atau mengetuk-ngetukkan botol cat kuku mamanya. Walau ketukannya jadi aneh-aneh, tapi mamanya terharu, bahagia, dan bangga mendengarnya ๐Ÿ˜€

 

pura-puranya lagi maen drum...

Belajar..

Soal belajar, Raja masih tetep rajin dan bersemangat. Kalo alphabet baik urutan maupun bentuk huruf kapitalnya sejak memasuki usia 20 bulan sudah mulai dipelajari Raja, dan ketika di usia 21 bulan Raja sudah hapal semua huruf kapitalnya. Dan sekarang, baik huruf kapital maupun huruf kecil sudah dikuasai Raja. Puji Tuhan…

Begitu juga dengan bentuk angka dari angka 1 sampai 20 Raja sudah kuasai bentuknya.

Untuk nama warna, hampir tak ada yang tidak diketahui Raja, termasuk warna emas dan perak dan Raja tidak bingung membedakan mana warna abu-abu dan perak. Eh, tapi ada ding warna yang belum diketahui Raja yaitu warna marun, hehe… Untuk nama warna ini, Raja bisa menyebutkan baik bahasa Indonesianya maupun bahasa Inggrisnya.

Bahasa Inggris yang dikuasainya juga semakin bertambah….ah, senangnya… Semoga makin gede Raja makin pintar berbahasa Inggris ya sayang. Maafkan kalau saya norak, tapi saya seneng banget kalo denger anak balita pintar bercas-cis-cus dalam bahasa Inggris ๐Ÿ˜€

O ya, sekarang Raja juga sedang kami ajarkan untuk mengeja. Masih yang sederhana-sederhana aja sih, seperti namanya R A J A, M A M A, dan P A P A. Belum berhasil, tapi gak apa-apa, namanya juga masih dikenalin dulu, tar juga pelan-pelan Raja akan memahaminya ๐Ÿ˜€

Lagi kerajingan main laptop

Tiap hari pasti minta, โ€œmaen yaptop!โ€. Yang dimainin adalah MS Word untuk ngetik-ngetik huruf, puzzle games, dan Tumblebugs. Di rumah ada laptop โ€˜cadanganโ€™ yang tak pernah lagi digunakan oleh kami. Laptop itu keluaran HP Compaqย  tahun 2006. Masih lumayan bagus, meski tetep udah agak jadul. Nah, laptop itulah yang kini diklaim sebagai YAPTOP YAJA. Jadi kalo ditanya, โ€œlaptop papa warna apa??โ€ jawabnya, โ€œBiyuโ€. โ€œKalo laptop mama?โ€ dijawab โ€œUnguโ€, โ€œKalo laptop Raja???โ€ dijawab โ€œHitam!!โ€

Untuk penggunaan laptop ini, Raja sudah tau bagaimana menyalakan dan mematikan, menghapus ketikan, mengklik mouse, dan sekarang sedang belajar tentang penggunaan tombol shift karena Raja sedang belajar simbol-simbol di atas angka, seperti @, #, $, %, &, *, (, ) ๐Ÿ™‚

 

"Pa, let me help you to think...." ๐Ÿ˜€


 

Nemenin papa kerja ๐Ÿ˜€
Yaja lagi seyius...jangan diganggu ya ma ๐Ÿ˜€

Sudah bisa memasang rel kereta apinya sendiri

Raja masih teuteup suka sama Thomas, dan sekarang Raja sudah bisa menyusun sendiri rel-relnya ๐Ÿ™‚ Ah, kapan-kapan pengen cerita juga tentang Raja dan koleksi Thomas and Friends-nya aahhh…..

 

Yaja udah makin pintal pasang yell sendiyi lhoooo...

Sudah bisa menggosok giginya sendiri

Kadang kalo usil, malah gigi kita juga pengen digosoknya. Pernah satu kali, Raja pengen menggosok gigi papanya. Karena papanya lagi ke kamar mandi, maka foto papanya yang sedang ketawa yang dipajang di ruang tamu yang jadi korban…hihihihi

 

Yaja udah pintal kat gigi sendiyi lhooo

Lagi suka menopang dagu

Entahkah lagi nonton, menulis, atau membaca, Raja sukaaa…banget menopang dagu kayak gini. Keliatan imut yah? Hehehe..

 

Gaya menopang dagu andalan ๐Ÿ˜€

Sudah bisa mengambil minum sendiri

Di rumah, meja tempat dispenser kami termasuk rendah dan gelas minum Raja selalu diletakkan di meja itu. Kalo Raja haus, tinggal ia sendiri yang membuka tutup gelasnya trus mengambil air dari dispenser, minum lalu gelasnya diletakkan kembali di meja itu, lalu ditutup. Selesai.ย  Tapi kadang, kalo Raja lagi buru-buru, airnya suka tumpah karena kebanyakan diambil dari dispenser, tapi gak apa, namanya juga lagi belajar mandiri kann..

MPAsi dan susu

Untuk makanan padat, Raja masih belum begitu familiar sama nasi dan masih lebih seneng bubur. Entah kenapa. Sudah berbagai cara saya coba termasuk membiarkan Raja makan sendiri, tapi malah kalo kayak gitu yang dimakannya tetep hanya lauknya sementara nasinya buat mainan saja ๐Ÿ˜€

Kalo si papa bilang katanya gak usahlah terlalu dipikirin. Diikutin aja selera anaknya, toh hal itu disebabkan bukan karena ada masalah dengan kemampuan mengunyah Raja, tapi karena memang Raja yang masih belum suka. Si papa optimis, sooner or later, Raja akan mau juga makan nasi biasa.

Untuk susu, akhir-akhir ini porsi susu Raja malah bertambah. Mulai gak begitu suka dengan Dancow dan lebih suka minum susu Ultra saja. Sehari rata-rata habis 3 x 250 ml ๐Ÿ˜€

Hal-hal lainnya yang masih diusahakan

Pertama, soal menyapih. Hingga sekarang masih belum berhasil meski frekuensi menyusu makin berkurang.

Kedua, soal toilet training. Untuk pagi hingga sore Raja sudah lepas dari diaper dan sudah selalu ngomong kalo mau pipis atau pupup. Jika ditatur untuk pipis, Raja juga gak masalah, tapi kalo memang lagi gak pengen pipis, jangan harap Raja mau diajak ke toilet ๐Ÿ˜€

Untuk tidur malam dan pergi-pergi, saya masih bergantung pada diaper, nih, hehehe… Soal toilet training ini akan saya bahas lebih lanjut jika Raja sudah 100% lepas dari diaper ๐Ÿ˜€

Nah, kira-kira segitu deh perkembangan Raja. Maafkan mama karena hampir tak pernah tepat waktu yaitu di setiap tanggal 3 menulis perkembangan Raja ya sayang, tapi Raja ngerti kenapa kan? Meski sudah telat, tapi mama tetap pengin ngucapin selamat ulang bulan buat anak tersayang papa dan mama. Kami sangat bersyukur untuk semua yang Tuhan Yesus berikan pada Raja. Teruslah bertumbuh sayang ya, Tuhan Yesus selalu menyertai dan melindungimu…

Iklan

34 respons untuk โ€˜The 25th Monthโ€™

  1. Itu pas main laptop bareng papanya kok Raja bisa anteng dan serius ngelihatin ya? Dita mah boro2, pasti langsung dikuasai laptopnya :D. Makin banyak kepintarannya ya Raja. Kalau suami memang lebih nyantai menghadapi perkembangan anak ya mam, gak kayak kita, selalu gak sabaran hihih. Met Ulbul ya Raja . Semoga selalu sehat dan makin pinter ๐Ÿ™‚

    1. Itu juga kejadian langka, bun, entah kenapa Raja mau2 aja nurut waktu dibilang papanya kalo papanya lagi kerja, jadi Raja ngeliatin aja, jangan ikut gangguin, eh, dianya nurut ๐Ÿ˜€

      Amiiinn…makasih ya Bundit buat doanya ๐Ÿ™‚

  2. eda…
    Raja mulai umur berapa dikenalin sikat gigi
    mau beralih dr silicone first teeth nie…kegigit mulu

    btw….
    our 2nd aniversaryyyyy kayaknya juga gak ngumpul
    s.e.d.i.h

    SK oh SK
    kapan kau datang

  3. lucuuuuuuuuuuuuunya Rajaaaa…duh semakin gemes dan semakin pengen punaya anak cowo kaya kamu nak ๐Ÿ˜€
    oh iya…met ulang tahun perkawinan yg k-3 ya buat MamaPapa Raja semoga kelaurganya selalu diberkahi
    Raja yang lagi topang dagu..imut banget ๐Ÿ™‚

    1. Hahaha…ayo mbak Rully, segera diusahan anak cowoknya :mrgreen:

      Tks buat ucapannya ya mbak, kiranya Tuhan juga selalu memberkati keluarga mbak Rully ๐Ÿ™‚

    1. Amiiiinnn…semoga pas gede nanti Raja bisa menikmati semua tulisan mamanya di sini yang mayoritas adalah tentang dirinya ๐Ÿ™‚

  4. woww, pinter banget raja, kak anin kselip nih.. Iya, yg foto topang dagu imut bangetss
    mam, itu sabun dettolny byk bgt stock bwt brp lama he…
    oh ya selamat ulang tahun pernikahan ๐Ÿ™‚

    1. Hihi…tks ya mbak,

      Sabun dettol itu buat persiapan sebulan, mbak, biasanya dipake sama suami juga susternya Raja dan mbak Santi yang kerja di rumah ๐Ÿ™‚

      1. Hihihi…sama ya Bun, memang wanginya enak juga sih bun..seger! ๐Ÿ˜€ *lho, kok jadi iklan????? :mrgreen:*

  5. Waa… lama-lama Raja makin pinter deh, jeng. Aku cuma herannya kok dia sudah tertarik dengan huruf dan angka ya, sampai hafal semua tuh :D. Btw, selamat ulbul yang ke-25 ya, nak, juga happy anniversary to your mom en dad. God bless you all…

    1. Sama, jeng, kami juga heran, ni anak kok udah tertarik untuk mempelajari alfabet dan angka, padahal biasanya kan anak usia segini belom begitu tertarik…

      Tks ya jeng Bekti buat doanya, God bless u too ๐Ÿ™‚

  6. Pinterrrr…. Oiya, dulu Raja mimik susu Dancow nya langsung pake gelas kah??? Trus bisa nyedot ‘pipet’ umur berapa yah??? Fira sampe sekarang (10 bulan) kok belum bisa nyedot pake pipet yah… Tapi kalo minum dari gelas udah rapi, gak tumpah2 lagi…. :p

    1. Raja bisa nyedot pake pipet umur setahunan kok say… Kalo minum Dancow biasanya Raja pake gelas aja, No, biasanya sih gak pake pipet, tapi kalo Rajanya minum susu sambil lari-larian ya terpaksa dipakein pipet (Raja pake gelas mag-mag yang dari Pigeon itu)

  7. wahh, dah makin pinter aja Raja, makin ganteng juga, heheh…

    Setuja sama Bundit, para suami biasanya lebih nyantei kalo menyangkut sama tumbuh kembang anak…

    1. Hehe, tks Put..

      Iya, para suami memang selalu bisa lebih nyantai dibanding para istri yang suka rempong ๐Ÿ˜€

  8. happy 25 mos yajaaaa :))
    pinterrr ih udah bisa gambar, maen laptop (asli itu lucuuu bgt foto ama papanya) trus udah bisa sikat gigi dan nyusun rel kereta…
    jagoaaannn!!!
    btw, nyanda iklan dettol kan? ahahahah ๐Ÿ˜€

    1. Hahahahahaha…nda ba iklan, say, cuma iseng2 berhadiah sapa tau pihak Dettol baca ini kong kontrak pa torang for iklan…hihihihihihi

  9. Happy anniversary n happy ulbul Raja..smoga Tuhan Yesus sll mberkati yaaaa ๐Ÿ™‚

    Wuiiih Raja baru 25bln ud byk bgt ya kebisaan nya,hebat!!! Btw abang Raja serius di dpn laptop lg bkin account FB ama nge-tweet ya :p

    1. Hihihihi…Raja lagi serius ngeblog kali’ tuh ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

      Tks buat doanya ya mommy Ben, Tuhan Yesus juga kiranya selalu memberkati Ben ๐Ÿ˜‰

      Btw, mom, blognya saya link boleh kan?

  10. met ulbul ke -25 Raja Sayang. Sehat selalu yaaaahhh ๐Ÿ™‚

    Seneng yah Lis liat anak makin pinter ajah dari hari ke hari. Waaahhh Zahia masih belajar neh untuk ngitung 11-20. Hehehe, jangan ampe deh Zahia lemot dalam hal matematika sama kaya emaknya ๐Ÿ™‚

    1. Hahahahaha…dasar bisa aja dirimu, san, masak sih dirimu lemot dalam hal matematika?? Buktinya jago kan ngitungin pemasukan dan pengeluaran bulanan???/ hihihihi

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s