Update Status di Facebook, Rumah Dirampok

Barusan baca berita tentang ini di Viva News, membuat saya semakin sadar bahwa memang harus selalu bijak untuk memilih apa yang bisa dan yang tidak bisa dibagi di dunia maya.

Pengalaman salah seorang pengguna facebook Keri McMullen ini seharusnya bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar jangan sampai kejadian yang sama menimpa kita.

==================================================================

Keri McMullen, pengguna asal Indiana, Amerika Serikat memasang status “Going to the Hill with Kurt to see Fire Department” di Facebook. The Hill merupakan sebuah bar bernama Phoenix Hill di Indiana, adapun Fire Department merupakan nama band yang akan tampil di sana.

Sialnya, ketika ia kembali dari pertunjukan musik, rumahnya telah dirampok dan barang berharga senilai 10 ribu dolar AS digondol maling. Untungnya, Keri memasang kamera pengawas untuk memantau situasi rumah. Pasalnya, beberapa hari sebelumnya, rumah tersebut diumumkan untuk dijual dan banyak orang yang sudah datang melihat-lihat.

Polisi menduga updata status yang ia lakukan memancing perampokan tersebut. Untungnya, dari rekaman video, dapat diketahui perampok yang masuk ke rumah Keri. Perampok masuk beberapa menit setelah Keri memasang status dan berada di dalam rumah selama sekitar 13 menit.

Keri menyebutkan, perampok tersebut merupakan teman lamanya yang sudah tidak pernah bertemu sejak 20 tahun terakhir. “Beberapa waktu lalu ia menambahkan saya sebagai teman di Facebook, tetapi kami tidak pernah berkomunikasi,” ucap Keri.

Sejak itu, Keri menyatakan tidak akan melakukan kesalahan itu lagi. “Saya tidak akan lagi memasang status di Facebook soal ke mana saya akan pergi,” ucap Keri. “Pasalnya, kita tidak tahu siapa teman-teman kita sebenarnya.

==================================================================

Tuh, ngeri juga kan. Memang sih kadang-kadang, saking addictednya sama FB, orang jadi dikit-dikit update status. Penting gak penting, semuanya dishare. Jalan ke tempat yang gak ada lima menit bisa nyampe, ditulis di status. Bahkan ada yang bener-bener gendeng nulis status ‘lagi boker’, hi hi…

Salah atau benar, semua tergantung pilihan dan bagaimana kita menilainya. Kalo kata bible, sesuatu bisa dibilang baik tapi belum tentu berguna. Jadi, yah, balik-balik lagi ke kebijakan kita, mana yang kira-kira berguna buat orang lain -at least berguna untuk diri kita pribadi- untuk bisa kita bagi 🙂

Iklan

6 thoughts on “Update Status di Facebook, Rumah Dirampok

  1. Betul, privasi itu tetap penting mesti kita ada di dunia maya. Seringkali di fb, orang yang tidak kenal bisa meng-add nama kita. Padahal kita juga tidak tahu darimana dia berasal. Ok, berita di atas bisa jadi pelajaran ni buat setiap kita untuk tetap berhati-hati. Waspadalah-waspadalah !! *Pesan bang napi*
    o ya, bisa menta alamat email ga? Pengen nulis sesuatu niy…

  2. Hiihh, ngeri yah bo. Untungnya gw bukan pengguna pesbuk yang aktif, maksudnya sering2 update status. Wong gw mah pake pesbuk cuma buat ceting sama kirim2 imel ke keluarga dan temen2. Soalnya kalo seluruh penjuru dunia di-sms sering2 buat nanya kabar bisa bangkrut neh perusahaan 🙂

    semoga kita terhindar dari hal2 seperti itu yah Jeng. Amien

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s