Solid Food For 7m Old Baby

Sekali lagi, nih, berhubung Raja udah 8 bulan, saya pengen dokumentasiin apa aja yang menjadi ‘menu baru’ buat Raja. Yang pasti nih, sejak usianya 32 minggu alias 7 setengah bulan, Raja udah gak makan bubur lembut lagi. Udah mulai dicobain sama yang namanya nasi tim saring.

Cara bikinnya ya gampang tinggal masak beras (saya pakai beras merah organic) sama air (biasanya saya pakai kaldu ayam) sampe lembut trus disaring pake saringan stainless steel.

Raja(1023)

Sejak awal memberikan nasi tim saring, saya selalu mencampurnya dengan sayur dan lauk. Caranya juga mudah banget, ketika nasi sudah mulai lembek, cemplungin aja sayur dan lauknya. 

Dan berikut ini adalah bahan makanan baru yang saya kenalkan ke Raja di usianya yang 7 bulan:

  • Sayur: baby carrot, labu siam, baby buncis. Sayuran diiris tipis dulu baru direbus bersama nasi tim setelah berasnya sudah agak lembek.
  • Buah: Melon jingga, plum
  • Oatmeal. Telat nih nyobainnya…habis gak keburu sih waktu usia 6 bulan soalnya kan ada 4 days wait rule. Nah, karena udah 7 bulan, oatmeal yang quick oat itu gak saya halusin lagi, tapi langsung aja dipake untuk dimasak dengan kaldu ayam. Toppingnya bisa apa aja, tapi saya paling sering pakai melon jingga (dikukus dulu) sama keju parut.
Orange oat cheesy.. halah...
Orange oat cheesy.. halah...
  • Jagung. Dipipil, trus direbus sampe lembut.
  • Kacang Merah. Direndam baru direbus sampe lembut.
  • Keju
  • Tofu, bisa dikukus trus dihalusin ato direbus bersama nasi timnya lalu disaring bersamaan.
  • Tempe
  • Daging ayam. Kalo mo dicampur ke dalam nasi tim, ayamnya direbus dulu sampe lunak, trus dicincang baru deh dicemplungin
  • Daging sapi cincang. Daging cincangnya disangrai dulu baru direbus bareng nasi tim.
  • Kaldu ayam. Baca tentang resep kaldu ayam di sini
  • Arrowroot. Saya pakai tepung dari gasol.
  • Super sweet potato, bisa dikukus ato direbus lalu dihalusin.

Sebenarnya banyak banget yang pengen saya kenalin ke Raja. Tapi yah itu, harus pelan-pelan, musti satu-satu supaya Raja bisa belajar dengan rasa barunya, supaya bisa ketahuan juga kalo Raja punya intoleransi terhadap jenis makanan tertentu. Makanya biarpun sebenernya udah gak sabar banget, saya harus tahan-tahan diri. Yang pasti saya seneng banget, karena Raja udah bisa mengunyah makanan dengan baik. Saringnya juga makin ke sini makin kasar, supaya Raja makin terlatih mengunyahnya…

Selain bahan makanan di atas, tentu saja makanan lainnya yang sudah dikenalkan ke Raja waktu usianya 6 bulan tetap diberikan. Tapi dengan variasi yang tentu saja bertambah supaya Raja makin semangat pula makannya..

Once again, semua menu buat Raja dibuat tanpa garam dan gula. Kaldu aja udah oke banget untuk memberikan rasa sedap ke makanan. Yang pasti, segala sesuatu menyangkut MPASI bener-bener membuat saya bersemangat. Semangat mempelajari tentang kandungan gizi bahan makanan, semangat belanja bahan makanan dan MPASI stuff, semangat merancang menu untuk Raja..dan tentu saja, semangat nyuapin Raja, he he… ya iya dong, kalo mau anaknya pinter makan, mamanya musti duluan semangat. Hidup home made solid food for baby!!!

 

Iklan

17 respons untuk ‘Solid Food For 7m Old Baby

  1. Mba, mau nanya.. Baby sy uda 7bln.. Kmrn2 itu sy kasi makannya cuma gasol dan puree2 buah sama sayur.. Sy mau tny, utk 7bln uda bole masak pake takahi? Kalo uda, apakah disaring lg pake saringan kawat itu? Kaldu jg uda bole ya mba? Mba kalo masak kaldu, disimpan di kulkas yg bwh atau bag freezer nya?

    Makasi bnyk mba 🙂

    1. Hai mbak, sori nih WP di BB saya sedang error jadinya komennya baru bisa saya approve dan reply sekarang. Kalo dari pengalaman saya dengan Raja, usia 7 bulan sudah bisa makan tim saring sama kaldu ayam (masaknya pake slow cooker). Tapi itu tergantung dari kemampuan mengunyah anaknya ya mbak… untuk pertama kali saringnya yang haluuus banget supaya anaknya gak kaget, mbak 😀

      Untuk kaldu ayam saya bekukan, mbak, karena biasanya bikin untuk seminggu. Kalo mo dipake baru malamnya diturunin ke kulkas bawah supaya besok paginya udah gak beku lagi.

      Semoga berguna ya mbak.. Salam buat babynya 🙂

  2. makasi mba, sy uda coba 2hr masak bubur saring pake takahi.. kalo pake saringan food maker itu jdnya bener2 halus banget.. kapan teksturnya sebaiknya bole lebih kasar mbak? caranya gmn ya? soalnya kalo lgsg dr slow cookernya kayaknya masi mayan kasar.. makasi lg mba 🙂

    1. Teksturnya bisa mulai lebih kasar tergantung kemampuan mengunyah anak kita, mbak.. Kalo anak kita sudah semakin pintar mengunyah, misalnya udah mulai bisa makan biskuit biasa (bukan biskuit yang meleleh di mulut), nah menurut saya sudah bolehlah teksturnya dibikin agak kasar 🙂

  3. oke deh.. sis tanya dong ya.. sebenernya aku bnyk yg mo ditny, kalo di milis mpasirumahan suka ga dibales hiks..
    -sis, kenapa kalo pake slow cooker sayur seperti bayam, brokoli, dll masuknya pas akhir2 mau mateng? trus napa mesti dikukus dulu? masuk sejak awal ga bole ya?
    -kalo tempe gmn? diapain dulu sebelum masuk slow cooker? tofu jg, sy pengen coba.. tapi ga tau mesti diapain dulu sblm masuk ke takahinya..
    -kalo havermout, ktnya pake quaker oat biru ya.. itu setelah mateng disaring lg atau gmn ya? takarannya gmn utk baby yg br mau nyoba? trus enaknya dikasi apa? buah?
    -sejak 6m, sy kukus dulu buah sebelum dihalusin.. seperti apel, pir.. kalo uda 7-8m apa masi perlu dikukus? kalo diparut/blender lgsg bole ga ya?

    sis punya ym, atau bb? kdg sy pengen tanya cepet gitu, kalo ga keberatan 🙂
    thanks before ya sis.. GBU ^^

    1. Kalo bayam karena tar gak bisa utk 2 kali makan kan bayam gak baik dipanaskan dan lebih baik dimakan tak lama setelah dimasak. Kalo brokoli sih karena saya yang gak kuat baunya, mbak :mrgreen:

      Kalau saya, tempe dan tofu dicincang dulu baru dimasukkin ke SC-nya, mbak… coba baca di sini dan di sini

      untuk oatmeal, pake yang biru itu, mbak. Dan dulu takaran yang saya berikan untuk Raja waktu usianya 8 bulan adalah 3sdm. Gak dihalusin lagi sih, mbak karena oatmeal pada dasarnya sudah halus. Kecuali klo dicobain ke baby 6 bulan yang baru belajar makan, kayaknya musti dihalusin dulu baru dimasak oatmealnya, jadi setelah masak gak perlu disaring lagi

      Dulu waktu Raja seusia 7-8m buah seperti apel dan pear masih saya kukus, mbak, setelah giginya tumbuh baru deh gak dikukus lagi tapi diberikan dalam bentuk finger food

  4. Sis, sy masak buburnya gini loh.. Sy selalu cemplungin dr awal beras, ayam dan sayur, cth wortel,butternut,kentang,buncis gitu.. Ayamnya pun ga direbus dl.. Mama sy blgnya gitu.. Sy jd bingung kalo sis blg kan daging ayam rebus dl br cincang, daging sapi jg sangrai dl..

    Sy kan br mo coba bayam,brokoli,kacang merah.. Ktnya sama cemplung dr awal jg.. Ga bole ya?
    Jd kalo tofu baiknya masukin sejam sblm mateng? Perlu rebus/kukus dl ga? Ank sy alergi susu sapi, tofu aman ga ya?

    Sis super sweet pitato itu ubi rambat yg merah itu ya?

    Trus sy liat utk 8m sis bnyk numis pake olive oil, itu gpp ya buat baby sis? Setelah mateng tinggal ditaruh ke nasi timnya? Bukan masukin ke slow cookernya pas dah mau mateng gitu ya? Maap ya sis kalo nanyanya agak bloon.. Sy bingung ma mama n mertua sy, maklum org dulu sama skrg beda, jd kalo sy mau nyoba2 gitu takut salah, dia org jg ga ngerti..

    Sis, ga ada ym nya? Makasii

    1. mbak, id ymnya seperti yang di email? sudah saya add idnya…. sori, saya baru baca sekarang komennya..

  5. Mba.. Aku boleh minta pin bbnya juga ga? Bebe S br masuk 7bln nih, bingung banget mau ngasih makannya, krna kynya dia ud bosen sama menu yg 6bln dulu..tapi aku masih takut2 untuk ngasih yg lanjutan buat 7bln. Trus mau tanya2 jg ttg slow cooker itu, belinya dmna ya.. •”̮• · τнänκ чöü · •”̮•

  6. Mbak, mau tanya..memang kalau bayam dan brokoli, itu harus dikukus dulu kah sebelum msuk slow cooker?
    Mksih ya mbk

    1. Kalo saya malah bayam gak pernah saya masukkin ke slow cooker. Kalo brokoli biasanya saya rebus dulu baru cincang trus dicampur ke buburnya 🙂

  7. Mbak, salut banget buat blog nya..informatif bangeet..
    Anakku mulai mpasu sejak umur 5 bulan karena kondisinya yg agak berbeda dengan bayi lainnya..
    Awalnya bingung mau dikasih makan apa,trus gemana cara buatnya.setelah liat blognya, jadi lebih pede dan cerah pikirannya 🙂

  8. Ka.. Mau tanya donk… Tofu yg dipake merk apa ya? Kmrn uda hunting tiap supermarket komposisinya pake garam semua… Mis : kong kee, sakura dll..

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s