Puree Pear

Raja(937)Kemarin siang, untuk pertama kalinya Raja kami beri makan buah. Saya memilih buah pear, karena menurut saya, buah ini rasanya paling netral. Gak manis banget. Gak juga asam. Jadi harapannya, perut Raja gampang menerima makanan barunya ini. Selain karena rasanya, saya juga memilih pear oleh karena kandungan gizi di dalamnya yang oke.

Berdasarkan informasi dari wholesomebabyfood, manfaat dari buah pear adalah sebagai berikut.

Buah pear kaya akan serat, potasium, dan vitamin C. Kandungan seratnya yang tinggi membuat buah ini sama seperti buah tinggi serat lainnya, berguna untuk mencegah timbulnya sel-sel kanker di dalam tubuh, mencegah serangan jantung, dan mengandung kolesterol baik. Buah ini juga baik untuk mencegah konstipasi pada bayi. Buah pear tidak mengandung sodium, lemak jenuh ataupun kolesterol jahat. Buah ini mengandung 2 jenis gula, yaitu glukosa dan fruktosa. Pear sangat padat nutrisi yang berarti bahwa dalam sebuah pear terdapat lebih banyak nutrisi per kalori dibanding kalori per nutrisi. Sebenarnya buah ini tak perlu dikupas untuk dikonsumsi, kecuali jika dikonsumsi oleh bayi, karena kulitnya sangat mudah untuk dicerna.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pear:

VITAMIN:
Vitamin A – 38 IU
Vitamin C – 7 mg
Vitamin B1 (thiamine) – .2 mg
Vitamin B2 (riboflavin) – .25 mg
Niacin – .26 mg
Folate – 12 mcg

Buah ini juga mengandung berbagai jenis vitamin lainnya dalam jumlah yang sedikit.

MINERAL:
Potassium – 198 mg
Phosphorus – 82.4 mg
Magnesium – 12 mg
Calcium – 15 mg
Sodium – 0 mg
Iron – .26 mg
Juga mengandung sedikit selenium, mangan, tembaga, dan  zinc.

Buah pear merupakan salah satu pilihan yang tepat sebagai buah pertama yang diperkenalkan kepada bayi.

Cara membuat puree pear tentu saja teramat sangat mudah.

  1. Kupas buah pear (pilih jenis pear yang manis seperti pear Xiang Li.. hindari pear yang rasanya asam)
  2. Buang bijinya
  3. Potong menjadi beberapa potongan kecil (supaya nanti gampang menghaluskannya)
  4. Kukus potongan buah pear sampe empuk. Sebenarnya buah ini tidak perlu dikukus mengingat teksturnya yang sangat mudah untuk dicerna oleh bayi. Namun karena ini masih tahap pengenalan, saya memilih untuk mengukus supaya hasilnya lebih lembut
  5. Haluskan dengan tongkat penghalus makanan bayi
  6.  Saat akan diberikan, campur dengan ASI supaya nilai gizinya bertambah

Pertama kali mencoba buah ini, Raja langsung suka. Kemarin, karena baru pertama, porsinya hanya saya beri setengah buah pear saja. Dalam waktu kurang lebih dua menit, mangkuk berisi puree pear itu kosong sudah…dan Raja masih membuka mulutnya untuk meminta lagi… kasihan deh ngeliatnya. Saya sampai nunjukin isi mangkuk itu ke Raja, sambil bilang: “Nah, bang..tuh liat… isinya gak ada lagi nih….” Raja cuma bengong aja…sambil tetap membuka mulutnya, he he…

Tadi siang, saya memutuskan untuk memberi 1 buah pear ke Raja. Wuiihh….makannya lahap banget. Puree yang masuk ke mulutnya diemut-emutnya dengan riang, lucu banget ngeliatnya… mungkin karena saking manisnya kali ya..

Duh, bahagia deh ngeliat anak maka dengan lahap. Raja memang termasuk jago makan, he he, ngikut papanya kali’ yah… mudah-mudahan bakal terus seperti itu sampe gede. Pokoknya saya akan terus semangat menyediakan home made baby food for Raja, supaya Raja juga tetap semangat makannya, he he..

 

Iklan

12 thoughts on “Puree Pear

  1. Dulu aku gagal nyobai pear ke Ve… apa karena aku yang salah pilih buahnya ya??

    Ve gak suka pear atau apel. Tapi begitu dikasih pepaya sama alpukat, doyan banget. Udah coba ngasih alpukat ke Raja belum say?

  2. buah yang aku kasih ke Raja baru pear aja, bu. Alpukat rencananya mo ku kasih sabtu ini. moga Raja doyan, kan gizinya ok banget tuh

  3. kalo anak nya udah mulai makan solid food, biasanya ibu nya jadi makin kreatif masak.
    awalnya males ke dapur buat masak eh mendadak jadi kreatiff bgt!!!
    coba kalo di kantor ada karya inovasi MPASI.kita ikutan yah lis? 😀

  4. Aq emang lagi pengen bikin klipping MPASI,siapa tau berguna buat adeknya syauqi nanti (loh..kok udah mikirin adek??>..xixixix)..
    aku dulu liyat di wholesome baby food juga.
    1 hal yg gak aku lakukan adalah memperkenalkan sayur dulu dari pada buah..habis sekarang sayur apa yg cocok buat bayi (aku binun juga waktu itu coz wortel,brokoli katanya 7m+)
    cobain jeruk baby mam (rasanya manis kok),pisang sunpride (buang biji tengahnya =>bikin sembelit), mangga is prohibited ya(coz banyak serat).
    Usahakan terapkan konsep 3 hari untuk pengenalan menu baru & liyat alergi/ tidak, sembelit/ tidak.
    kalo gak ada masalah, buah bisa dikombinasiin, misal : tomat+pepaya, pepaya+jeruk, melon+jeruk, pisang+jeruk, pepaya+pisang, alpukat+jeruk.
    untuk bursu (bubur susu – pake gasol juga udah bagus bgt mom)..
    setidaknya syauqi dulu begitu
    semoga bisa membantu yah..

    1. Tks bunda Syauqi buat sharingnya..
      Aku juga nerapin 3days rule ke Raja, bun…Apalagi skrg kan Raja masih dalam tahap pengenalan. Untuk sekarang ini aku belum kombinasiin menu makanannya, bunda, soalnya pengennya Raja kenal dulu dengan rasa asli dari tiap menu makannya. Untuk sayur buat baby 6m, bisa dikenalin zuchinni,kabocha,sama kentang bun… yang belum aku kenalin ke Raja adalah kentang. Rencananya hari minggu ini aku mau kenalin Raja dengan kentang..moga sukses, he he

      Kalo gasol aku pake kacang ijo nya aja, bun, krn kalo beras merah aku bikin sendiri tepungnya… sbnrnya sih masih ragu… gasol tuh bener2 bebas bahan pengawet gak ya????

  5. hallo,mau numpang nanya..itu obat tetes telinganya raja yang buat ngluarin kotoran telinga namanya apa ya,terus dosisnya berapa

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s