How Tall Will My Child Be????

The question above pasti menjadi pertanyaan banyak sekali orang tua. Yah, secara siapa sih yang gak kepengen anaknya bertubuh tinggi? Selain terlihat lebih bagus dan berkarisma, banyak pekerjaan yang mensyaratkan tinggi badan. Dari berbagai artikel yang saya baca, ada dua faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Faktor pertama adalah asupan nutrisi baik sejak dalam kandungan maupun pada masa pertumbuhan setelah lahir. Faktor kedua yang teramat penting adalah tinggi badan kedua orang tua, karena tinggi badan ini secara genetik tentu akan diwariskan kepada anak-anak. Orang tua yang berpostur tinggi besar tentu saja memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk memiliki anak dengan postur tinggi besar pula.

Saya sendiri…mmmm…. terbilang agak pendek. Tinggi saya cuma 159cm (padahal papa saya tinggi besar, lho!!!). Tapi anehnya, masih ada saja yang bilang saya berpostur tinggi…he he… Beruntung, Tuhan memberikan saya jodoh yang berpostur lumayan tinggi dan besar. Suami saya tingginya 176 cm. Jadi lumayanlah, at least ada kemungkinan untuk saya memperbaiki keturunan, he he…

Terkait dengan tinggi badan yang secara genetik diturunkan, di dunia kedokteran ada yang namanya rumus Genetic Potential Height (GPH). Bunyi rumusnya begini:

Daughter’s GPH = ( Father’s Height (cm) – 13 cm +  Mother’s Height (cm) ) / 2

Son’s GPH = (Mother’s Height (cm) + 13 cm + Father’s Height (cm)) / 2

Masing-masing rumus di atas punya range toleran +/- 8.5 cm

Berdasarkan rumus di atas, berarti GPH Raja dapat saya hitung sebagai berikut.

Rajamin’s GPH = (159 + 13 + 176) / 2 =  174

Batas toleransi bawah = 174 – 8.5 =  165.5 cm ==> hoping so bad not this one

Batas toleransi atas = 174 + 8.5 = 182.5 cm ==> hoping so bad it will be this one, he he

Sekali lagi,  GPH di atas tetep tergantung dari nutrisi yang diberikan. Karena itu, saya bertekad to give the best for Raja. Selain itu, saya juga ingin supaya nanti Raja giat olahraga renang (kayak saya) biar badannya kekar, dan olahraga basket (kayak papanya) biar badannya tinggi… biar tercapai batas toleransi atasnya… amiiinnnn….

Iklan

Thanks for letting me know your thoughts after reading my post...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s